POTENSI DESA PAREN

Desa Paren merupakan salah satu desa paling selatan diwilayah Kecamatan Mayong. Desa Paren terdiri dari 2 RT dan 8 RT dengan luas 149.756 Ha. Disana memiliki iklim sebagaimana di wilayah Indonesia yakni iklim kemarau dan penghujan. Perbandingan Musim Penghujan dengan Kemarau hampir berimbang setiap 6 bulan, walau waktunya selalu bergeser tergantung alam. Curah Hujan rata-rata sedang, suhu udara di musim penghujan antara 20 s/d 300 C dan di musim kemarau  antara 30 s/d 400 C . Hal tersebut mempunyai pengaruh langsung terhadap pola tanam yang ada di desa Paren yang mana meyoritas penduduknya bermata pencaharian  sebagai petani khususnya padi.
            Desa Paren terletak di dataran rendah , sehingga kurang memiliki potensi pariwisata khususnya yang berbau alam. Maka demikian potensi yang ada di Desa Paren bukan pariwisata tetapi cenderung ke pemanfaatan tanah, seperti pembuatan batu bata dan genting. Selain itu ada pula usaha pembuatan meuble, kreneng dan krupuk yang menjadi salah satu usaha dari penduduk Desa Paren
            Bencana alam yang berpotensi terjadi di Desa Paren adalah kekeringan dan Banjir. Hal ini di karenakan factor iklim, selain itu terkait banjir di Desa Paren termasuk berpotensi  mengalami banjir  kiriman dari desa-desa tetangga Ketika musim penghujan.
Berikut merupakan potensi yang ada di Desa Paren :
 
A.Alam
            Seperti yang sudah tertera di atas, Desa Paren tidak memiliki potensi pada pariwisata khususnya alam. Mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani khusunya padi. Berikut gambarnya.
                                                                                                                     Gambar 1. Persawahan Desa Paren.
Gambar diatas merupakan gambar sawah sebelum ditanami padi. Sawah tersebut di bajak dan dialirkan pada air sumberan agar sawah siap untuk di tanami kembali. Penduduk Desa Paren kebanyakan tidak melakukan sistem pergantian tanaman lain selain padi. Hal ini di karenakan tekstur tanah yang kering dan perairan yang kurang memadahi.
 
  1. Budaya
            Desa Paren memiliki budaya yang sangat kental akan religinya. Salah satunya adalah perayaan ulang tahun desa (sedekah bumi) yang dilakukandengantahlilandan juga bancaan. Berikut gambarnya :
                                                                                                                          Gambar 2. Perayaan Sedekah Bumi.
Gambar diatas merupaka perayaan sedekah bumi/ulang tahun desa yang diikuti oleh warga Desa Paren . Peryaan sedekah bumi tersebut bertempat di Balai Desa. Sedekah bumi di Desa Paren sendiri dilaksanakan sekali dalam kurub waktu satu tahun.
 
  1. Hasil Kerjaan
          Desa Parenmemiliki beberapa hasil kerajinan khususnya dari pemanfaatan tanah liat , seperti pembuatan batu bata dan genting. Selain itu juga beberapa penduduk ada yang membuat meuble, kerajinan kreneng dan berbagai jenis kerupuk. Berikut gambarnya :
 
 
  • Batu Bata
                                       sebelum dan sesudah proses pembuatan…..                                          Gambar 3.Tempat Pembuatan Batu Bata
            Gambar diatas merupakan gambar tempat pembuatan batu bata yang dimiliki oleh penduduk Desa Pare, yang mana merupakan salah satu sumber mata pencaharian utama.
 
  • Genting
                                                                      Gambar 4. Pembuatan Genting
 
            Gambar diatas merupakan tempat pembuatan genting yang dimiliki oleh warga Desa Paren.
 
  • Meuble
                                                                                                                Gambar 5. Meuble
            Gambar diatas merupakan contoh salah satu usaha kerajinan meuble yang dibuat oleh warga Desa Paren yang mana pemasarannya sudah menjamah sampai ke luar kota.
 
 
  • Kreneng
                                                                                                                                                                     Gambar 6.Kreneng
                Gambar diatas merupakansalah satu kerajinan kreneng yang di buat oleh salah satu warga Desa Paren. Kreneng sendiri merupakan sebuah tempat yang di gunakan untuk membungkus buah saat masih di pohon agar tidak jatuh ke tanah Ketika buah masak.
 
  • Aneka Krupuk

Gambar diatas merupakan salah satu hasil olahan warga Desa Paren berupa krupuk yang bahan dasarnya adalah tepung terigu. Kerupuk tersebut memiliki beberapa jenis diantaranya, kerupuk rambak, krupuk terasi, krupuk udang, dan ada varian lainnya seperti krupuk bawang, krupuk jengkol dankrupuk merah putih, contohnya seperti gambat di atas, namanya krupuk udang.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan